Otomatisasi Penjadwalan Mata Kuliah Menggunakan Potts Neural Networks

(Studi Kasus di Universitas Bina Nusantara)

Skripsi / Tugas Akhir Manajemen Industri
Penulis: Kurniawan Tanuwijaya
Program Studi Manajemen dan Teknik Industri Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Penjadwalan mata kuliah merupakan masalah kombinatorial klasik yang hingga saat ini masih tidak mudah untuk diselesaikan. Padahal masalah ini harus dihadapi oleh setiap institusi pendidikan, termasuk universitas. Misalkan terdapat banyak dosen yang harus mengajar banyak kelas mahasiswa pada banyak slot waktu dalam banyak ruang. Permasalahannya adalah menemukan solusi dimana semua dosen memberikan kuliah pada setiap kelas mahasiswanya dan menggunakan ruang-slot waktu yang tersedia tanpa terjadi bentrokan.

Sebenarnya terdapat beberapa metode yang telah diteliti untuk menyelesaikan permasalahan ini, terutama untuk masalah penjadwalan di Universitas, namun seringkali jadwal yang dihasilkan bentrok, memiliki residu dalam sumberdaya (kelas mahasiswa, dosen, ruang dan waktu), dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan karena terdapat banyak kebijakan Universitas yang harus dipenuhi seperti keterlanjutan dalam ruang, pilihan slot waktu yang disukai, dsb.

Seiring perkembangan teknologi, cara manual dapat digantikan dengan otomatisasi penjadwalan mata kuliah dengan menggunakan komputer. Menggunakan komputer untuk mengambil kesimpulan tanpa menjelajahi semua kombinasi yang ada adalah suatu hal yang menarik. Hal ini dibuktikan dengan terdapat banyaknya penelitian yang dilakukan untuk mencari solusi yang tepat untuk menyelesaikan pernasalahan tsb. Dari berbagai metode yang ada, metode Potts Neural Networks dianggap sebagai metode yang tepat untuk menyelesaikan masalah penjadwalan mata kuliah, dimana menjanjikan solusi yang baik untuk masalah content-addressable memories, feature recognition, dan masalah penyelesaian optimisasi. Metode Potts Neural Networks membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi solusi yang diperoleh lebih baik daripada metode lain, terutama jadwal bentrok yang dihasilkan hampir dipastikan tidak ada.